5 Manfaat Vitamin B untuk Kesehatan

Selasa, 11 April 2023


Tubuh setiap hari membutuhkan berbagai asupan vitamin agar tetap sehat. Peran vitamin tersebut bermacam-macam tergantung jenisnya.

Salah satu yang penting bagi tubuh adalah vitamin B. Sayangnya tubuh tidak bisa memproduksinya sehingga kebutuhan zat tersebut harus terpenuhi dari nutrisi yang dikonsumsi setiap hari. Setidaknya ada 5 manfaat Vitamin B untuk kesehatan.

Ada 8 jenis Vitamin B yang harus dikonsumsi setiap hari oleh tubuh, yaitu Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9 dan B12.

Beberapa bahan makanan yang menjadi sumber vitamin B antara lain: kedelai susu, telur, daging, kerang, kacang-kacangan pisang dan aneka jenis sayuran.

Pelajari Manfaat Penting Vitamin B untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Anda


Konsumsi vitamin B dalam jumlah cukup setiap hari sangat penting. Jika tubuh kekurangan zat tersebut, maka banyak proses yang terganggu sehingga menjadi sakit dan tidak bisa produktif.

Sumber vitamin satu ini tidak selalu mahal. Karena itu semua orang bisa mencukupi kebutuhannya dengan memperhatikan jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi setiap hari. 

Vitamin B merupakan jenis yang mudah larut dalam air, karena itu meski mengkonsumsi dalam jumlah banyak tidak perlu khawatir. Kelebihan tersebut tidak akan mengendap, melainkan keluar bersama urine. 5 manfaat Vitamin B untuk kesehatan adalah:

  1. Menjaga kesehatan sistem syaraf

Vitamin B1 atau yang dikenal dengan nama thiamine sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Selain itu juga membantu memecahkan makanan menjadi sumber energi. Jenis Vitamin B yang juga membantu memecah makanan, khususnya lemak adalah Vitamin B7. 

Setiap hari tubuh membutuhkan thiamine 1 mg untuk pria dan 0,8 mg untuk wanita. Makanan yang mengandung Vitamin B antara lain: kacang polong, susu, telur, daging sapi, roti dan biji-bijian utuh. 

  1. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Manfaat vitamin B berikutnya berkaitan dengan kesehatan mata dan kulit. Jenis vitamin B yang berperan dalam hal ini adalah B2 atau disebut dengan Riboflavin.

Manfaat lainnya adalah mencerna karbohidrat, vitamin dan lemak. Setiap pria dewasa membutuhkan 1,3 mg per hari sedangkan untuk wanita perlu 1,1 mg. Sumbernya dari sayuran, nasi, susu dan telur. 

  1. Menjaga kesehatan janin

Bagi ibu yang sedang hamil, manfaat vitamin B, terutama B9 dan B12 sangat penting kaitannya untuk menjaga kesehatan janin.

Mengkonsumsinya dalam jumlah cukup bisa menghindari dari janin cacat, terutama yang berkaitan dengan sistem saraf.

Orang dewasa membutuhkan 400 mg setiap hari. Untuk ibu hamil perlu 600 mg sedangkan ketika menyusui perlu 500 mg.

Makanan sumber Vitamin B9 adalah asparagus, bayam, sereal, brokoli dan kacang polong. Sedangkan makanan sumber Vitamin B12 adalah daging, salmon, keju, telur dan susu.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata

  1. Mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh

Peran oksigen bagi semua proses dalam tubuh sangat pentin. Vitamin B, khususnya B6 membantu mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Vitamin B6 juga penting untuk menjaga kesehatan otot, saluran pencernaan dan imunitas. 

Untuk pria dalam sehari perlu 1.4mg sedangkan wanita perlu 1,2 mg. Sumber vitamin B6 adalah: susu, kentang, kacang, ikan, daging dan pisang. Karena pentingnya zat ini, maka jangan sampai jumlahnya tidak tercukupi. 

  1. Memproduksi hormon dan pertumbuhan

Hormon merupakan zat yang penting untuk mendukung berbagai aktivitas dalam tubuh, termasuk metabolisme.

Salah satu zat yang mampu memproduksinya adalah vitamin B5 atau yang dikenal dengan nama pantothenic. Zat ini terdapat pada daging merah, ayam, tomat, kentang, nasi merah dan brokoli. 

Vitamin B merupakan bahan yang mudah dijumpai dalam berbagai jenis makanan. Karena perannya yang penting, lebih dari 5 manfaat vitamin B untuk kesehatan maka kebutuhannya harus terpenuhi setiap hari. 

Selain itu, Anda juga harus pelajari manfaat penting vitamin B untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Dengan demikian, nutrisi tubuh tercukupi, badan pun sehat dan terhindar dari penyakit.


Be First to Post Comment !
Posting Komentar

EMOTICON
Klik the button below to show emoticons and the its code
Hide Emoticon
Show Emoticon
:D
 
:)
 
:h
 
:a
 
:e
 
:f
 
:p
 
:v
 
:i
 
:j
 
:k
 
:(
 
:c
 
:n
 
:z
 
:g
 
:q
 
:r
 
:s
:t
 
:o
 
:x
 
:w
 
:m
 
:y
 
:b
 
:1
 
:2
 
:3
 
:4
 
:5
:6
 
:7
 
:8
 
:9